Notification

×

Iklan

Iklan

Polri Akan Gelar Beberapa Operasi Guna Jaga Kamanan dan Keteriban

Jumat, 06 April 2018 | 16:33 WIB Last Updated 2018-04-06T09:33:50Z
JAKARTA,LENTERAJABAR.COM-Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban Kepolisian Republik Indonesia (Polri ) akan menggelar beberapa operasi kepatuhan terkait pengamanan Lebaran tahun 2018. Salah satu operasi lalu lintas yang digelar setiap tahunnya adalah Operasi Ketupat.

Karobinops Sops Polri Brigjen Imam Sugianto mengatakan,"
Operasi Ketupat itu akan digelar selama 18 hari yang akan kita mulai di tanggal 8 sampai 25 (Juni)," paparnya di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Tegal, Jawa Tengah, Jumat (6/4/2018).

Menurutnya dengan rentang waktu yang cukup panjang itu, diharapkan pengamanan mudik Lebaran tahun ini semakin baik. Rencananya, gelar pasukan untuk Operasi Ketupat akan dilakukan serentak pada 7 Juni 2018,jelas Imam Sugianto.

"Ini sebentar lagi akan kita gulirkan ke kewilayahan peningkatan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dalam rangka untuk operasi kejahatan kejahatan jalanan, kemudian mengurai persoalan-persoalan lalu lintas. Sehingga begitu masuk ke masa operasi kita di bulan Juni nanti persoalan-persoalan itu sudah bisa kita atasi," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya selain Operasi Ketupat,Polri juga akan menggelar operasi patuh dalam rangka prakondisi menghadapi Operasi Ketupat. Operasi ini akan dilakukan serentak pada tanggal 26 April-10 Mei mendatang.

"Yang ketiga operasi Bina Kusuma, Bina Darma dan Bina Karuna. Ini sudah kita delegasikan ke kewilayahan, terutama wilayah-wilayah yang memiliki ancaman terkait dengan sasaran-sasaran yang akan diurai yaitu pemberantasan premanisme ini biasanya di kota-kota besar, kemudian deradikalisme," tuturnya.

"Ini masih mengemuka rekan-rekan ancaman teror, kemarin dalam outlook rapat-rapat di Bapenas, ancaman-ancaman yang masih mengemuka itu adalah terorisme kemudian konflik sosial dan keamanan siber. ini akan terus menjadi atensi perhatian kita," lanjut Imam.

Ditambahkannya terkait operasi Bina Karuna sendiri sudah digelar di 13 wilayah yang berpotensi terjadi kebakaran hutan. Kemudian operasi berikutnya yang sudah dan akan digelar adalah operasi Satgas Papua (April-Desember), Satgas Nusantara (Januari-Desember), dan Satgas Pangan serta Saber Pungli.

"Tolong rekan-rekan terutama jajaran Polri yang di wilayah, ini betul-betul bisa terkelola dengan baik di tengah-tengah kesibukan kita akan kegiatan-kegiatan operasi ini, tapi ini tetap bisa terkelola dengan baik,"pungkasnya.(Rls)

×
Berita Terbaru Update