Notification

×

Iklan

Iklan

Konsul Jenderal Jeddah RI Ajak Tenaga Musim Haji Amanah

Selasa, 27 Maret 2018 | 14:13 WIB Last Updated 2018-03-27T07:13:32Z
JAKARTA,LENTERAJABAR.COM-Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah,Arab Saudi Mohamad Hery Saripudin mengajak seluruh peserta calon tenaga musim haji 1439H untuk meluruskan niat, memperbaharui komitmen dan berjiwa melayani dan mengabdi.

Keterangan yang diperoleh Antara di Jakarta dari KJRI Jeddah, menyebutkan ajakan itu disampaikan Konjen di sela sambutan sekaligus pembukaan ujian seleksi bagi para peserta calon tega musim haji pendukung Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang diselenggarakan Minggu (25/3/2018) di aula kantor teknis urusan haji (TUH) KJRI Jeddah.

"Ujian seleksi ini bertujuan untuk memperoleh calon-calon yang credible (berjiwa amanah), responsible (bertanggug jawab) dan devoted (mempunyai jiwa mengabdi dan melayani)," kata Konjen di hadapan 804 peserta ujian dari total 974 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Bagian Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah menyebutkan jumlah pendaftar tahun ini tercatat sebanyak 1.660 orang. Setelah lulus di tahapan seleksi administrasi, peserta diwajibkan mengikuti ujian tulis, ujian lisan, wawancara dan ujian penguasaan lapangan.

Mengingat tanggung jawab tenaga musim haji adalah petugas penuh waktu dengan tantangan medan dan situasi yang berat, Konjen menegaskan tim pendukung PPIH harus mempunyai kemampuan untuk mengemban tugas yang diamanatkan, memiliki kemampuan mengelola atau mengendalikan emosi. Selain itu, petugas harus memiliki stamina fisik yang baik di tengah suhu cuaca yang menyengat dan mobilitas yang tinggi.

"Bayangkan pada saat cuaca terik, unde rpressure (tertekan), dan harus melayani berbagai anggota jemaah haji yang tersesat dan yang meminta pertolongan kita sebagai petugas. Bagaimana bisa menolong yang sakit, kalau sebagai petugas kita gampang sakit," ujar Konjen.

Dia menambahkan agar para calon tenaga musim haji juga menunjukkan identitas Indonesia yang tercermin dalam cara bertutur kata dan berperilaku dan melayani secara santun.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri (PHN) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, mengatakan bahwa indeks kepuasan atas layanan jemaah haji Indonesia tahun 2017 mencapai angka 84,85. Indeks mutu layanan yang diraih ini didasarkan pada hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah dilakukan sejak tahun 2010 dengan tren yang terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

"Tahun ini adalah tahun tantangan bagi kita, bagaimana kita bisa meningkatkan layanan yang sangat memuaskan untuk bisa berhasil mencapai angka indeks 85," kata Direktur PHN.

Ahmad Dumyathi Bashori, staf Teknis Urusan Haji-1 KJRI Jeddah dan merangkap Ketua PPIH Arab Saudi mengatakan bahwa pihaknya tahun ini telah mengembangkan aplikasi smartphone berbasis Android, yaitu bravoPPHI.

"Kalau pada aplikasi sebelumnya para petugas bisa dimonitor keberadaannya oleh pimpinan untuk memudahkan penugasan, dengan tambahan fitur baru ini jemaah bisa mendeteksi keberadaan petugas sehingga memudahkan mereka untuk mengontak petugas yang berada di jangkauan terdekat bila diperlukan," ujar Dumyathi.

Sri Ilham Lubis menambahkan bahwa sesuai rencana perjalanan haji (RPH) tahun ini, Pemerintah telah menetapkan pemberangkatan kloter pertama untuk gelombang-1 secara serentak dari seluruh embarkasi akan dimulai pada 17 hingga 29 Juli untuk dan mendarat di Madinah sedangkan kloter pertama untuk gelombang-2 yang akan mendarat di Jeddah mulai diberangkat kan pada 30 Juli.(Red)
×
Berita Terbaru Update