Notification

×

Iklan

Iklan

PKK Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Jumat, 22 September 2017 | 16:54 WIB Last Updated 2017-09-24T09:56:11Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM- Pembinaan dan pengembangan gerakan PKK yang mengarah kepada peningkatan kualitas hidup keluarga beserta seluruh anggota menjadi sangat penting untuk di dukung dan dikembangkan.

Hal itu  dikatakan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto pada acara monitoring dan evaluasi 10 Program PKK dan lomba penilaian 5 lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Jawa Barat di Kantor Kelurahan Geger Kalong, Jum'at (22/9/2017).

Lanjutnya, dalam peningkatan dan pengembangan bagi PKK, Pemerintah Kota Bandung berupa memberikan fasilitas dan mendorong kemajuan PKK beserta seluruh kadernya dalam melaksanakan 10 program PKK.

Meenurut Yossi, salah satu dari 10 program PKK yaitu kesehatan dan pendidikan keterampilan. Hal tersebut menjadi penting karena sebagai PKK perlu terampil dan bisa mendidik para kader maupun dalam lingkungan keluarga.

"Maka dari itu bagi semua kader diharapakan bisa memberikan inovasi yang baik dan mempunyai pendidikan yang cukup. Hal ini bisa membuktikan bahwa PKK kota Bandung lebih inovatif."jelasnya.

Ditambahkan Yossi, melalui 10 program tersebut juga PKK memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan kota Bandung yang tidak lain membantu pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. "Alhamdulillah di bidang pendidikan, PKK membantu ketahan keluarga melalui Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Lansia, Bina Keluarga Remaja dan Pendidikan Usia Dini,"ujarnya.

Pemerintah kota Bandung sudah memberikan yang tebaik bagi masyarakat. Salah satunya dengan diraihnya Penghargaan Manggala Karya Kencana oleh ketua TP PKK Kota Bandung. Penghargaan tersebut diberikan oleh pemerintah pusat atas dedikasi tertinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan Keluarga.

"Oleh karena ini, dengan kehadiran tim monev dari provinsi Jawa Barat, selain memberikan penilaian juga diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi kamu untuk bekerja lebih giat, fokus dan terukur agar kinerja TP PKK dapat dirasakan manfaatnya lebih luas,"jelasnya.

Sementara itu menurut, Ketua Pokja lll Provinsi Jawa Barat Erti Wawan Ridwan menyampaikan tahun 2017 merupakan tahun kedua untuk melaksanakan kegiatan program pokok PKK. Di tahun ini juga kita menyimak bahwa program PKK bisa memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat.

Ditambahkan Erti, salah satu PKK memberikan kontribusi yaitu dengan adanya pola asuh anak berbasis cinta kasih, ketahanan pangan dan penyuluhan KB. Hal tersebut merupakan semangat kami untuk membantu masyarakat maupun pemerintah dalam mendidik maupun merangkul warga untuk lebih paham akan kesehatan maupun pendidikan.

Lanjutnya, kedatangan Tim monev provinsi Jawa Barat yaitu ingin mengetahui sejauh mana kesiapan dan hasil yang diberikan PKK Kota Bandung untuk masyarakat. "Kita bukan hanya sekedar menilai saja, tapi juga memberikan masukan yang tebaik untuk PKK demi masyarakat,"tuturnya.

Erti berharap, dengan kedatangan Tim monev bisa lebih signifikan. Baik sosialisasi maupun kontribusi yang diberikan oleh PKK. "Insyaallah jika hal itu dikerjakan bersama sama, maka PKK kota Bandung meraih juara. Yang terpenting adalah manfaat untuk masyarakat bisa tersampaikan,"pungkasnya.

10 PKK terdiri dari Penghayatan dan pengamalan Pancasila, Gotong royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Mengembangkan kehidupan berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan sehat.

Selain itu untuk penilaian khsusus di Kelurahan Geger Kalong diantaranya, kesehatan, pendidikan, administrasi, keterampilan dan cara bersosialisasi. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Praratya dan Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung Siti Muntamah.(Red)
×
Berita Terbaru Update