Notification

×

Iklan

Iklan

Ridwan Kamil : Revitalisasi Lapang Tegallega Butuh Dana Besar

Rabu, 08 Februari 2017 | 18:07 WIB Last Updated 2017-02-08T11:07:48Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM - Wali kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan"Revitalisasi Lapang Tegallega, butuh dana Rp 88 miliar sehingga butuh waktu empat tahun anggaran karena keterbatasan dana APBD.
 
Demikian hal tersebut dikatakanya Emil sapaan akrabnya kepada wartawan saat meninjau lokasi di Tegallega Rabu (8/2/2017).
 
Lebih lanjut dikatakn Emil taman konservasi Tegallega akan disulap menjadi ruang publik baru, pembangunan tahap pertama di jalur tengah hingga ke monumen dan lapangan upacara.

Tegallega akan jadi tempat wisata karena ada ampitheater yang kolongnya dipakai perpustakaan dan tempat pameran,tutur pria berkacamata ini seraya menerangkan ada juga taman Dinosaurus, tirex, buaya tempat untuk upacara dan kolam anak. Di tengah-tengah taman Tegalega, ada 20 replika dinosaurus, berfugsi seperti lampion, jadi kalau malam bisa nyala.

Dia berharap, Taman ini bisa seperti taman Alun-alun, yang awalnya kumuh dan kalau malam dipakai untuk mesum berubah menjadi taman rekreasi keluarga. "Alokasi untuk revitalisasi Tegallega tahun 2016 sebesar Rp15 miliar dan tahun 2017 sebesari Rp 15 miliar, sehingga kebutuhan Rp 88 miliar sehingga minimal butuh waktu 4 tahun ," ujar Emil.

Emil mengatakan tidak bisa mengandalkan dana CSR karena jumlahnya yang begitu besar. Sistem pembiayaan dengan skema Public-Private Partnership pun menurutnya kurang sesuai, sebab skema tersebut diperuntukkan bagi infrastruktur fundamental, seperti fly over.

Ditambahkannya Penataan taman konservasi Tegalega ini merupakan proyek pembangunan taman terbesar di Kota Bandung. Tahap kedua akan dilaksanakan setelah proses lelang selesai. Pada tahap ini, perbaikan akan dilakukan di sisi Jalan Mohammad Toha dan jalur pedestrian.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan Arif Prasetya S menuturkan, pihaknya membagi zona kerja menjadi tiga bagian, yakni bagian plaza dan boulevard, bagian permainan anak-anak, bagian olahraga, dan layanan parkir.

Luas Tegallega 16 hektar tapi , lahan yang terkena penataan sekitar 11 hektar, dimana 7 hektar dikerjakan pada tahap satu, 4 hektar sisanya akan digarap pada tahap kedua. (Ak/Am)
×
Berita Terbaru Update