Notification

×

Iklan

Iklan

Pelaksanaan Hari Pertama PPDB Diwarnai Antrean

Senin, 17 Juni 2019 | 17:46 WIB Last Updated 2019-06-24T08:47:38Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-   Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 9 Jl Suparmin No1A, Pajajaran, Cicendo, kota Bandung diwarnai antrean panjang calon pendaftar, semua berebut menjadi pendaftar pertama agar bisa masuk ke sekolah yang dituju. Ini akibat Pasal 51 Permendikbud yang menyebutkan seleksi tahap dua berdasarkan kehadiran.

Petugas penerimaan siswa baru SMA 9 Bandung Iwan Hermawan mengatakan, pendaftar telah memenuhi sekolah sejak pukul 06.00 WIB. Mereka rela datang subuh agar mendapatkan nomor antrean pertama. Masyarakat mengasumsikan, pendaftar pertama akan berpeluang besar diterima di sekolah bersangkutan.

“Ini akibat Pasal 51 Permendikbud yang menyebutkan seleksi tahap dua berdasarkan kehadiran. Sehingga di mata masyarakat, siapa yang duluan hadir kemungkinan diterima lebih besar. Padahal tidak begitu,” kata Iwan, Senin,    (17/6/2019).

Menurut dia, hingga kini pendaftar yang telah mengambil nomor antrean di SMA 9 telah mencapai 300 orang. Sementara input data baru mencapai angka di bawah 100 orang. Dia memprediksi, bila semua harus diinput hari ini, prosesnya bisa sampai malam.

“Setelah 300 pendaftar, terpaksa kami hentikan. Kalau enggak, bisa sampai 500. Itu mau selesai jam berapa. Bisa sampai tengah malam,” beber dia.

Pihak sekolah, kata dia, terpaksa memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa pendaftar pertama tidak berpengaruh signifikan terhadap diterima atau tidaknya pada SMA bersangkutan. Komponen penilaian pendaftar pertama hanya berlaku pada seleksi tahap dua bagi siswa yang di zona abu abu.

“Persentasenya sedikit sekali. Tidak signifikan. Kami minta masyarakat tenang. Terutama yang dekat rumah, apalagi yang pakai pendaftaran kombinasi. Tidak perlu buru buru,” jelasnya.

Dia berharap, aturan tersebut kedepan nya mesti direvisi. Dia khawatir, aturan tersebut akan menimbulkan konflik ditengah masyarakat. Aturan PPDB mestinya jangan memancing orang untuk berebut.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau langsung pelaksanaan hari pertama PPDB 2019 di SMAN 8 Kota Bandung dan SMKN 3 Kota Bandung.

“Jadi dengan antusiasme ini, saya merasa bahagia. Berarti nanti Indeks Pembangunan Manusia, khususnya dalam pendidikan akan meningkat,” ujar Wagub Uu.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika (Ike) yang hadir mendampingi Wagub dalam peninjauan mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk melayani orangtua dan peserta didik secara baik.

Selain itu, Dinas Pendidikan Jawa Barat pun akan terus menyampaikan semua informasi PPDB dan siap menerima masyarakat terkait hal tersebut.

“Mudah-mudahan (masyarakat) bisa tenang dan kita akan terus menyampaikan informasi terkait pertanyaan atau apabila ada yang harus ada pengaduan. Kami sudah menyiapkan,” pungkas Ike.(Ari/Red)
×
Berita Terbaru Update