Event Popwilda Dispora Jabar Di Ikuti Ratusan Pelajar

6/27/2019 01:53:00 PM
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-  Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar event Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah I (Popwilda) di laksanakan dari Kamis 27 Juni s.d  Senin1 Juli 2019 yang diikuti sebanyak  Tujuh (7) Kabupaten/ kota dari wilayah I Jabar meliputi  Kab. Cianjur, Kab Bogor, Kab.Sukabumi,  Kab. Bandung Barat , Kota Bogor, Kota Sukabumi dan Kota Depok.

Dengan mempertandingkan   delapan (8)  Cabang Olahraga (Cabor ) yakni, Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Pencak Silat, Sepakbola, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Tenis Lapangan.

Pembukaan Popwilda Wilayah I secara simbolis dilakukan Kadispora Jabar,Engkus Sutisna mewakili Gubernur Jabar M.Ridwan Kamil,di hadiri juga kepala Dinas pemuda dan Olahraga peserta Popwilda,Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga,Drs. Agus Komarudin, M.Si.Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Jabar, Dra.Siti Farida,M.Si. serta pejabat di lingkungan Dispora.bertempat di Gedung Tangkas SOR Arcamanik Kota Bandung,Kamis(27/6/2019). 

Kadisorda Jabar Engkus Sutisna mengatakan,adapun tujuan dan maksud digelarnya Popwilda ini adalah, Pertama, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam rangka pemberdayaan masayrakat olahraga bagi Jabar. Juga diharapkan melalui olahraga diharapkan agar kita tetap bugar dan sehat.

Kedua melalui ajang Popwilda ini diharapkan  juga terjadinya penggalangan persatuan dan kesatuan diantara para pelajar, sehingga pemuda khususnya pelajar Jabar tidak terlibat kenakalan remaja seperti tawuran.

Ketiga kaitan dengan prestasi, melalui Popwilda kita harapkan dapat melahirkan atlet pelajar Jabar  Juara, hal ini sejalan dengan  visi-misi Jabar yaitu terwujudnya provinsi Jabar Juara Lahir dan Bathin melalui Inovasi dan kolaborasi.


Lebih lanjut, Engkus Sutisna mengatakan, melalui Popwilda ini merupakan tahapan untuk menuju evant Popda Jabar 2019, Popnas 2019 di Papua.  Pada Popnas 2019 Papua, tentunya kita akan mengirimkan atlet-atlet yang memiliki potensi meraih medali. Sehingga, kita mampu mempertahankan Juara Umum Popnas seperti tahun sebelumnya.

Untuk itu, Dispora Jabar juga memiliki visi-misi dan target sasaran yaitu mewujudkan nilai-nilai juara olahraga. Untuk itu, saya berharap, para peserta Popwilda dalat berjuang maksimal dan optimal dengan tetap mengutamakan sportifitas dan nilai juang yang tinggi. Karena kalian adalah usia muda sehiangga dapat mencetak Milenial Juara. Apakah kalian siap ?... ujar Kadispora,... Siap teriak peserta Popwilda.

Bahkan kedepannya, kalian akan membawa dan mengharumkan nama provinsi Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya. Untuk itu, saya berharap pemerintah Kabupaten/kota memberikan dukungan dan kontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan atlet2 muda / pelajar untuk olahraga tingkat provinsi Jabar maupun Nasional.

Visi Gubernur Jabar : Jabar Juara Lahir dan Bathin melalui Inovasi dan kolaborasi, dari visi tersebut, Dispora Jabar memiliki tegline sekaligus merupakan target kinerja Dispora Jabar yaitu mewujudkan nilai-nilai sejarah dan olahraga Juara. Untuk itu melalui Popwilda ini yang semua pesertanya adalah pelajar semua yang merupakan kaum milenial sehingga dapat mencetak Milenial Juara dan Olahraga Juara.

Untuk itu dalam rangka pembibitan atlet-atlet Jabar, dimana kita punya PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) dan kabupaten/kota juga melakukan pembinaan terhadap atlet muda. Untuk itu, kedepan kita berharap dapat mencetak atlet-atlet berprestasi ditingkat Nasional maupun Internasional.

Disisi lain kita juga menanamkan nilai cinta daerah, hal ini penting, agar jangan lagi terjadi jual beli atlet menjelang multi event olahraga, seperti Popnas.  Mereka ( para atlet-red) kita bina susah payah, eee saat menjelang event olahraga nasional mereka pindah ke provinsi lain. Hal, tidak boleh terjadi lagi, tegasnya. 

Ditempat yang sama Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Jabar, Dra.Siti Farida,M.Si. menambahkan diharapkan, melalui Popwilda ini, kita minta kepada Kab/kota agar para atlet yang dikirim benar-benar asli daerah masing-masing. Begitu juga dengan provinsi, pada saat mengirimkan atlet untuk ikut multi evant olahraga nasional asli warga / atlet Jabar.

Atlet-atlet yang berprestasi atau meraih medali dalam Popwilda secara otomatis menjadi peserta Popda Jabar. Namun, untuk cabor-cabor tertentu, seperti bola basket dan voli tentunya tidak otomatis langsung mewakili wilayah malainkan diambil dari beberapa daerah untuk mewakili wilayah.
Sedangkan untuk yang dikirim ke popnas, khusus Bola basket dan Voli juga dilakukan selaksi, tidak langsung wakili wilayah,pungkasnya.

Pembagian wilayah, Popwilda Jabar tahun 2019 akan dibagi dalam empat wilayah. Yakni wilayah I yang akan diisi oleh Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

Lalu untuk wilayah II, dihuni Kota Cimahi, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. 

Di wilayah III, akan tergabung Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kabupaten Pangandaran.

Sedangkan di wilayah IV akan diisi oleh Kota Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Garut,” tambahnya.

Untuk pelaksanaan pertandingan di setiap wilayah, akan dibagi di tiga lokasi. Yakni wilayah I dan II akan digelar di kawasan SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik Kota Bandung. Untuk wilayah III akan digelar di Kabupaten Sumedang dan wilayah IV akan digelar di Kabupaten Bandung.(Red)

Bagikan Artikel ini di :

Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba

Baca juga

Terbaru
« Selanjutnya
Selanjutnya
Terbaru »