Pemprov Jabar komitmen Kembangkan Pembagunan dan Angkat Potensi Desa

5/13/2019 08:40:00 PM
BANDUNG.LENTERAJABAR.COM,-Tagline 'Jabar Juara Lahir Bathin ' merupakan konsep yang di gaungkan pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhunul Ulum) pada pilgub lalu yang tercantum pada Visi-Misi Program kerja mereka.

Fokus pembangunan menitik beratkan pada IPM yaitu; Pendidikan,Kesehatan dan Ekonomi (daya beli masyarakat).

Salah satu perhatian  Pemprov Jabar adalah memberdayakan masyarakat yang berada di pedesaan,dengan program Desa Juara yang di tunjang 3 pilar yaitu; Degitalisasi,One Vilage one Prodak dan Gerakan Bangun Desa.

Dalam upaya untuk mendukung percepatan program tersebut, Pemprov Jabar  akan meluncurkan mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) di Gedung Sabuga, jalan Tamansari Kota Bandung, Rabu (15/5/2019). Mobil siaga multifungsi itu akan diberikan kepada 120 desa tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar Dedi Supandi nantinya peluncuran secara simbolis diberikan kepada desa terbaik tahun 2018. Desa tersebut akan menjadi desa percontohan.

"Tahun ini rencananya 120 unit dulu. Tapi akan diberikan pilot project dulu untuk desa juara tahun 2018," kata Dedi dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di Lobby  Gedung Sate, jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung, Senin (13/5/2019).

Lebih lanjut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar Dedi Supandi,mobil Multifungsi 'Maskara' Segera Sapa Warga,tutur pejabat alumni STPDN ini.

Menurutnya ada beberapa fungsi mobil siaga desa tersebut. Misalnya, mobil angkutan pertanian, angkut jenazah, untuk hiburan seperti layar tancap hingga berfungsi sebagai panggung,jelas Dedi.

"Jadi mobil 'Maskara' ini multifungsi dan bermanfaat untuk berbagai kegiatan di desa," terangnya.

Ditambahkannya peluncuran mobil 'Maskara' ini bagian dari upaya mewujudkan Desa Juara. Salah satunya melalui program gerakan membangun desa.

"Mobil 'Maskara' ini turunan dari pilar ketiga gerakan membangun desa yang digagas oleh kami," pungkas pejabat hadil dari seleksi Open Biding ini.(Ari/Red)

Bagikan Artikel ini di :

Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba

Baca juga

Terbaru
« Selanjutnya
Selanjutnya
Terbaru »