Notification

×

Iklan

Iklan

Kadis Disnakertrans Ade Afriandi : Jawa Barat Punya Program Smart Trans

Senin, 13 Mei 2019 | 16:16 WIB Last Updated 2019-05-13T09:38:39Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi    ( Disnakertrans) Jawa Barat menggagas program transmigrasi bernama Smart Trans.

Kepala Disnakertrans, Ade Afriandi mengatakan, fokus utama dari program tersebut adalah melambungkan ikatan emosional transmigran asal Jabar yang sudah menetap di daerah lain. 

"Artinya, mereka tidak lepas dari akar budaya Jawa Barat," ucap Ade, dalam keterangan yang diterima wartawan,Minggu (12/5). 

Menurut Ade, pihaknya akan membantu pemerintah daerah setempat untuk memberikan pelatihan kepada transmigran asal Jabar. Tujuannya agar transmigran asal Jabar mampu mengolah hasil produksi pertanian. 

"Mereka yang sudah menetap akan diberikan pelatihan keterampilan olah tanah, mengolah hasil produksi dan pasar, sehingga ada transformasi untuk menjadi petani sekaligus pengusaha," katanya.

Dikatakan Ade, pihaknya akan memberikan pelatihan keterampilan serupa untuk masyarakat Jabar yang ingin bertransmigrasi. Hal itu dilakukan guna menyukseskan Smart Trans.

"Sebelum berangkat mereka harus diberikan keterampilan, mengolah tanah, mengolah hasil pertaniannya dan mengolah pasar. Memang program ini kecil, tapi nanti akan menjadi besar dengan konsep tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut, Ade mengatakan, bahwa transmigran asal Jabar menyebar di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Oleh karena itu, Disnakertrans Jabar akan memulai program tersebut dengan mengunjungi Kendari. 

"Minggu depan kami akan ke Pulau Muna di Kendari, karena ada sedikit kendala mengenai penempatan lokasi transmigran, asalnya dari pesisir tapi ditempatkan di gunung," pungkasnya.(Red)
×
Berita Terbaru Update