Wakil Walikota Yana Apresiasi Kinerja Diskar PB

3/03/2019 03:12:00 PM
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-Pemerintah Kota (Pemkot) menilai positif  atas kinerja baik yang dilakukan ‎Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung .

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.Dengan memberikan  apresiasi "Secara pribadi maupun institusi mewakili masyarakat Kota Bandung, khusus Diskar PB saya ucapkan terima kasih atas segala upaya teman-teman dalam menanggulangi kebencanaan yang terjadi di Kota Bandung," kata Yana saat menghadiri rangkaian hari jadi ke-100 Damkar di Taman Cikapayang, Jalan Ir.Juanda Dago, Bandung, Minggu (3/3/2019).

Menurut Yana, Diskar PB selama ini selalu siap siaga. Dedikasi para petugas Diskar PB sangat besar dalam menanggulangi musibah kebakaran ataupun bencana di Kota Bandung.

Lebih lanjut dikatakannya sebagai warga asli Kota Bandung, Yana mengaku sudah banyak mendengar kisah sepak terjang petugas Diskar PB.jelasnya. 

Aksi heroik saat penyelamatan ataupun penanggulangan bencana. Selain sigap dalam penanggulangan kebakaran, ‎Yana mencatat ada momen luar biasa yang dilakukan petugas Diskar PB juga, yakni pernah mengangkat seekor sapi yang terperosok ke sumur di kala Hari Raya Iduladha 2018 silam.

"Saya juga mendengar bahkan seekor kucing pun mereka (Diskar PB) pun diselamatkan," kata Ketua Asprov PSSI jawa Barat ini yang juga  petinggi FKPPI Jabar ini.

Yana berharap dalam momentum perayaan satu abad Damkar ini menjadi penguat bagi para petugas agar selalu sigap dalam menanggapi kebencanaan di Kota Bandung.

"Saya berharap teman-teman bisa tetap siaga terhadap kemungkinan kebencanaan di Kota Bandung. Semoga hati kita tetap siap menghadapi kebencanaan yang mungkin terjadi di Kota Bandung,‎"paparnya.

‎Dalam kesempatan tersebut Yana juga ikut menyosialisasikan penanggulangan bencana dan kebakaran. Dia pun membacakan tips aman mencegah kebakaran.

"Pertama gunakan listrik sesuai anjuran PLN, kedua matikan peralatan listrik yang sudah tidak digunakan, ketiga cermat penggunaan lpg, awasi anak dan lansia menggunakan api, lima tidak membakar sampah sembarangan, enam antisipasi atau miliki sarana damkar sesuai kemampuan‎, dan hubungi 022-113,‎" bebernya.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Ferdi Ligaswara menuturkan, sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-100 Damkar pada 1 Maret 2019. Sebelumnya, Diskar PB Kota Bandung juga menanam 2.500 bibit pohon dan menebar 100.000 benih ikan.

‎"Satu minggu lalu menanam 2.500 pohon pelindung dan produktif di wilayah KBU (Kawasan Bandung Utara). Hari ini sosialisasi bagaimana aspek pencegahan, dan menebar 100.000 ikan di banyak kolam retensi dan nanti akan donor darah,‎" ujar Ferdi.

Ferdi menyatakan, sosialisasi kebencanaan dan pencegahan kebakaran tidak hanya sebatas saat perayaan hari jadi Damkar saja, melainkan terus dilakukan secara berkala. Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan ikut berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan.

"Masyarakat agar senantiasa waspada dan menjaga potensi bahaya kebakaran dan kebencanaan. Masyarakat bisa mencegah bencana dengan tidak buang sampah sembarangan, lalu  membangun sesuai aturan dan menjaga lingkungan," ‎pungkas mantan kepala Satpol PP kota Bandung ini.(Ari/Red)

Bagikan Artikel ini di :

Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba

Baca juga

Terbaru
« Selanjutnya
Selanjutnya
Terbaru »