Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sorot Penataan KBU

Senin, 11 Februari 2019 | 17:19 WIB Last Updated 2019-02-13T08:20:42Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,- Musibah banjir  yang terjadi di beberapa kawasan kota dan Kabupaten Bandung akhir akhir ini, hingga membawa korban jiwa, timbul akibat lemahnya penegakkan hukum terhadap peraturan daerah yang mengatur peruntukkan penataan wilayah Kawasan Bandung Utara (Perda KBU).

Demikian dikatakan Wakil Ketua Pansus VII (Pansus RTRW) DPRD Jawa Barat Drs. H. Dady Rohanadi kepada wartawan di gedung dewan Jabar jalan Diponegoro no 27 kota Bandung.Senin (11/2/2019).

Menurut legislator  senior partai Gerindra ini,peristiwa tersebut berkaitan dengan betapa sangat lemahnya penegakkan hukum. Banjir cileuncang itu cuma salah satu aspek, begitupun banjir banjir di tempat lainnya,jelas  Daddy yang juga wakil ketua Komisi IV DPRD Jabar ini.

Lebih jauh diungkapkannya, Bagaimana kita mau menegakkan besaran koefisien bangunan di KBU. Perda sudah jelas menyebutkan 750 m dpl (diatas permukaan laut) koefisienya  80:20,   80 % RTH (ruang Terbuka Hijau): 20 % bangunan,  koefisien bangunannya cuma ditoleransi 20%.  Diatas seribu seharusnya sudah gak ada bangunan. Itu paling ideal kalau kita mau bilang konservasi. Tapi pada kenyataannya apa ! Masih banyak bangunan-bangunan termasuk bangunan pemerintah di KBU.

“Itu menyedihkan buat saya. Seharusnya itu tidak terjadi berilah contoh, ini yang menurut saya harus kita koreksi, kalau kita mau penegakkan , sudahlah, ok perhari ini tidak ada lagi bangunan baru. Clear !”tegas  Caleg No 1 Partai Gerindra untuk DPRD Jawa Barat dari daerah pemilihan Cirebon Indramayu.

Ditegaskan Daddy perhari ini, seharusnya begitu perda ditandatangani, seharusnya besok langsung stop tidak ada lagi bangunan. Stop perijinan baru, yang sudah biasanya berkaitan dengan investor, investor harus kita pertimbangkan . Itu idealnya seperti itu. Kalau Perda KBU mau berjalan efektif.

Begitu juga Soal lahan sayur di Bandung selatan yang ada di bawah situ Cisanti, kalau kita mau ke Situ Cisanti sebelah kanan itu bukan main, kalau itu hujan intensitasnya tinggi selesai, lahan sayur itu seperti bukit gundul jadi kalau kena air selesai.  Citarum bohong kalau sedimentasinya  menjadi naik,pungkas Daddy.(Ari/Red)
×
Berita Terbaru Update