Notification

×

Iklan

Iklan

Wagub Jabar Uu Jadi Narasumber Pada Dialog Nasional & Temu Usahawan

Rabu, 27 Februari 2019 | 15:03 WIB Last Updated 2019-03-01T07:02:08Z
BANJAR,LENTERAJABAR.COM,-Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengajak para Nahdliyin, para warga Nahdlatul Ulama (NU), agar memperkuat aspek siyasah (politik), dan muamalah (bisnis), disamping terus mengembangkan sisi tarbiyah (pendidikan) bagi umat.

Hal itu diungkapkan Uu saat menjadi narasumber pada acara Dialog Nasional & Temu Usahawan dengan tema Tantangan dan Masa Depan NU dalam Mewujudkan Kedaulatan Ekonomi Rakyat, pada kegiatan NU Expo 2019, di Lapangan Taman, Kota Banjar.

"Siyasah, kita harus maju bergerak masuk wilayah politik. Muamalah, ekonomi keumatan juga harus maju," kata Uu, Selasa (26/2).

Dikatakan Uu, siyasah jangan ditinggal. Sebab, dunia politik dipandang memiliki kepentingan dalam agama. Dirinya menilai, seorang pemimpin, dengan kekuasaannya sehebat apapun, apabila tidak melibatkan agama dalam urusan politik pasti akan kurang keberpihakannya kepada umat.

"Sehingga, berdampak kepada kepentingan umat yang akan terakomodir oleh negara. Apalagi di Indonesia, Islam menjadi agama mayoritas," ujar Uu dalam keterangan yang diterima media di Bandung.Rabu(27/02/2019)

Menurutnya, agama tidak cukup hanya dibentengi oleh pendidikan, misalnya seperti kegiatan transfer ilmu antara kyai dan santri, tetapi harus dipadukan dengan kekuatan politik. Karnanya, pemikiran siyasah dan tarbiyah harus dijalankan bersamaan dalam kemenangan politik.

"Agama secara fundamental berbicara masalah akidah, keyakinan, Dan penguasa adalah penjaganya," ungkapnya.

Bahkan, lanjut Uu, dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dalam azas Pancasila sudah jelas, terdapat pasal yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa.

"Dengan Jabar Juara Lahir Batin, akan kita kenalkan pendidikan, bisnis, dan politik sekaligus. Mendorong segala potensi yang dimiliki para pemuda," katanya.

Sementara muamalah, akan menaungi umat terhadap kehidupan yang mandiri, dan berdikari. Sehingga kehidupan umat akan berdiri kokoh.

"Kita harus berusaha, supaya nanti kita punya kemampuan untuk memberi bukan meminta. Harus ada kahayang (kemauan), kawani (keberanian), dan kaelmuan (keilmuan),"pungkasnya.(Red/Hms)
×
Berita Terbaru Update