Notification

×

Iklan

Iklan

Ridwan Kamil : Pentahelix adalah jurus lima unsur Sukseskan Program Citarum Harum

Sabtu, 23 Februari 2019 | 12:20 WIB Last Updated 2019-02-23T05:20:17Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,- Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan Pentahelix adalah jurus lima unsur yang hendak dilancarkan Citarum Harum demi mengembalikan sungai terpanjang di bumi Priangan kembali menjadi sumber kehidupan.

"Hari ini kami menyelenggarakan sebuah gagasan besar, kebencanaan ini bisa kita kurangi resikonya melalui kolaborasi Pentahelix," kata Gubernur Emil seusai menghadiri seminar nasional dengan tema 'Model Sinergitas Pentahelix-Merawat Alam dan Mitigasi Bencana,' di  Grand Asrilia  Jl. Pelajar Pejuang 45 No.123 Kota Bandung,  Jumat 22 Februari 2019.

Lebih lanjut dikatakan pria berkacamata,dengan kolaborasi A - B- C -G - M, Academician, Business, Community, Government, Media, kelima unsur tersebut harus kompak, saling support, untuk membangun Citarum yang harum, bersih, sehat, dan lestari.

Menurutnya selama ini jangan menyangka bahwa urusan hidup kita ini hanya urusan Pemerintah, maka pentahelix ini terbagi lima peran, ada peran pemerintah, pebisnis, universitas, peran kominitas dan peran media," papar mantan walikota Bandung ini.

Diharapkan Emil, dalam waktu lima sampai tujuh tahun ke depan, normalisasi Citarum akan berhasil kalau semua elemen ini kompak.

Ditambahkannya  saat ini telah dibuat buku pedoman Citarum Harum, didalamnya memuat masing- masing peran akan mengerjakan apa dengan target apa dan nantinya tiap akhir tahun akan dievaluasi.

"Target harus ada progres 15-20 persen setiap tahunnya. Jadi di akhir proses kita harapkan bisa mengembalikan Citarum," pungkasnya.(Ari/Red)
×
Berita Terbaru Update