Presiden Jokowi Resmikan Terminal Bandara Wiriadinata Baru

2/27/2019 06:38:00 PM
TASIKMALAYA,LENTERAJABAR.COM,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Bandara Wiriadinata baru di lahan milik TNI AU Wiriadinata Tasikmalaya, Rabu (27/2/2019).

Peningkatan frekuensi penerbangan juga diharapkan dapat terealisasi pada Bulan Maret ini. Salah satunya maskapai Garuda Indonesia yang direncanakan masuk ke Bandara Wiriadinata.

"Nanti kita harapkan bulan Maret, ditambah penerbangannya. Garuda tambah satu, pasarnya menjajaki itu. Rute tadi dengan pak Gubernur Jakarta-Bandung-Tasik dan sebaliknya. Mungkin itu," kata Preaiden Jokowi usai menandatangani prasasti di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan penambahan rute dari maskapai Garuda tidak ada masalah sesuai dengan kebutuhan pasar. Prospek permintaan penumpang dari Bandara Wiriadinata ini cukup potensial.

"Sudah dikoordinasikan dengan Garuda untuk tambah satu penerbangan, hari ganjil Jakarta-Bandung-Tasikmalaya balik halim, hari genap Jakarta-Tasikmalaya. Berikutnya maskapai citilink," ujarnya.

Selain itu, Kementrian juga akan memperpanjang runway 1800 meter menjadi 2.000 meter supaya safety dari bandara ini makin baik. "Begitupula juga dengan alat navigasi dan fasilitas pendukung lainnya," katanya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, mengapresiasi perhatian pemerintah terhadap wilayah Jabar selatan. Mulai dari peningkatan Bandara Nusawiru Pangandaran, Sukabumi dan Wiriadinata Tasikmalaya mendapatkan perhatian.

"Khusus Tasikmalaya ini memang sudah terkenal pengusaha pribumi yang tangguh dan produktif. Saya kira Bandara dapat sangat dimaksimalkan. Tinggal bagimana mengolah potensi daerah yang ada saat ini belum maksimal. Mulai dari objek wisatanya, batiknya, bordirnya. Dan itu perlu perhatian dari pemerintah daerahnya masing-masing," katanya.

Sedangkan anggota DPR RI Fraksi PPP, Hj. Nurhayati mengatakan, kendala di Jabar selatan ini infrastrukturnya yang belum memadai. Pembangunan yang dilakukan pemerintah, setidaknya menghidupkan wilayah yang selama ini tertinggal. "Tol, bandara dan kereta itu mempermudah warga mengakses kemana pun," katanya.

Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi Budiman mengatakan pembangunan infrastruktur ini dapat mendorong potensi wilayah Priangan Timur. Terlebih Bandara Wiriadinata kedepannya mampu mewujudkan asrama haji di Tasikmalaya.

"Kalau landasannya sudah diperpanjang dan bisa didarati pesawat besar, sangat mendukung untuk jamaah haji dan membantu masyarakat. Pak Presiden ini selalu memenuhi janji, dan infrastruktur yang dibangun mampu menghidupkan perekonomian yang selama ini terkendala infrastruktur. Saya rasa potensi daerah selatan yang selama ini luar biasa dapat terpacu dengan cepat," pungkasnya.(Sep/Red)

Bagikan Artikel ini di :

Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba

Baca juga

Terbaru
« Selanjutnya
Selanjutnya
Terbaru »