Notification

×

Iklan

Iklan

Pemprov Bakal Rekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

Senin, 11 Februari 2019 | 18:31 WIB Last Updated 2019-02-11T11:31:01Z
BANDUNG,LENTERAJABAR.COM,-  Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Rencana tersebut untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) yang belum terpenuhi pada tahun 2018.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, dalam menerapkan rekrutmen ini akan lebih dulu mengkaji landasan hukum, operasional, dan implementasi. Pihaknya harus memiliki justifikasi sebagai penjelasan kepada masyarakat. 

"Saya sudah membahas hal itu dengan BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Saya minta mereka melakukan kajian yang komprehensif,” ujar Iwa di Gedung Sate, Senin (11/2/2019) 

Iwa mengatakan, Pemerintah Pusat telah membuka rekrutmen P3K tersebut. Pemprov Jabar akan hati-hati melalukan rekrutmen agar implementasinya tidak menyalahi aturan.

"Setelah kajian, kami akan lakukan persiapan rekruitmen,"ucap dia.

Diketahui, BKD Jawa Barat menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait hasil pelaksanaan ujian penerimaan CPNS Pemprov Jabar 2018. Berdasarkan hasil tes seleksi kompetensi dasar (SKD), dari 25 ribu peserta yang mengikuti ujian, hanya 800 peserta yang lolos memenuhi passing grade yang ditentukan KemenPAN-RB. Sementara jumlah formasi yang dibutuhkan Pemprov tahun ini sebanyak 1.085 orang.

Dari 800 peserta yang lolos passing grade, mereka menempati 330 formasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, 755 formasi yang dibutuhkan masih kosong. 330 formasi yang terisi didominasi formasi teknik dan administrasi, seperti analisa perencaan. Sementara formasi guru dan tenaga medis banyak tidak terisi, padahal banyak dibutuhkan.

Sementara itu, di pusat kebutuhan terhadap ASN yang mendesak dan menjadi prioritas Pemerintah menjadi salah satu alasan diselenggarakannya rekrutmen P3K. Sistem pendaftaran P3K akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) via https://sscasn.bkn.go.id yang dapat diakses secara serentak pada Jumat (8/2/2019) pukul 16.00.

Selanjutnya untuk proses seleksi akan menggunakan sistem seleksi Computer Asisstcd Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputcr Kememerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rekrutmen P3K pada tahap l meliputi THL Penyuluh, Dosen PTN Baru. serta eks Tenaga Honorer Kategori ll (eks THK II) untuk jabamn Guru (termasuk Guru Kemenag). Tenaga Kesehalan, Penyuluh Pertanian dan' yang ada dalam database BKN tahun 2013 dan memenuhi persyaratan Pcraturan Perundang-Undangan. Salah satunya usia pelamar P3K maksimal satu tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar," pungkasnya. (Ari/Red)
×
Berita Terbaru Update