Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Jabar Emil Di Tantang Menteri Susi Tantang Buat Perda Kantong Plastik

Selasa, 26 Februari 2019 | 17:29 WIB Last Updated 2019-02-26T10:29:29Z

BANDUNG ,LENTERAJABAR.COM,- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menantang Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil untuk membuat peraturan daerah (Perda) tentang larangan penggunaan kantong plastik untuk wilayah Jawa Barat.

“Sayang Kang Emil-nya sudah enggak ada di sini, ini Bali sudah ada Pergub soal larangan plastik, masa` Jabar tidak (belum punya),” kata Susi pada Talk Show and Exhibition “Festival Membumikan Laut sebagai Masa Depan Bangsa”, di Graha Sanusi Hardjadinta Unpad jalan Dipatiukur no 35, Kota Bandung, Selasa (26/2/2019).

Tantangan Menteri Susi kepada Gubernur Jabar tersebut disampaikan saat dirinya mendengarkan pemaparan terkait kepedulian ekosistem laut dari Melati Wijsen, penggagas Gerakan .
Menurut Melati Wijsen berkat kerja keras sejumlah kelompok pecinta lingkungan, akhirnya Bali memiliki Pergub tentang larangan penggunaan kantong plastik.

Menteri mengatakan, Jawa Barat yang memiliki daerah yang luas dan jumlah penduduk terbesar di Indonesia belum memiliki perda anti kantong plastik tersebut, sedangkan Provinsi Bali sudah mulai memberlakukan perda tersebut.  “Jadi saya harap nanti Jawa Barat akan mengikuti Bali, Banjarmasin, dan kota lain yang telah memutuskan untuk , misalnya,” katanya.

Menurut dia, Indonesia sebagai penyumbang sampah ke laut dengan peringkat kedua di dunia harus memperbaiki reputasi buruk tersebut. Oleh karena itu, kata dia, Provinsi Jawa Barat harus membersihkan perairannya dari mulai sungai sampai laut, di antaranya dengan mengurangi sampah plastik.

Ditambahkannya akademisi termasuk mahasiswa, dapat menjadi penggerak pengurangan sampah, termasuk sampah plastik. Ia menambahkan, kalangan terpelajar ini harus langsung terjun ke tengah masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

“Di sini saya ingin mengatakan mari kita mendukung misi visi pemerintah dalam menjadikan laut sebagai masa depan kita. Indonesia jadi poros maritim dunia,” kata dia.

“Semoga orang Bandung cinta laut, orang gunung turun ke laut. Karena laut kita begitu luas. Potensinya banyak,pungkasnya.(Rls/Her)


×
Berita Terbaru Update